phone Phone
+6282363811672
close
menu

PT. Bina Agung Lestari

  • Kontruksi Kapal Baja

Deskripsi Jasa Kontruksi Kapal Baja

Kontruksi Kapal Baja

Kami menyediakan jasa pemasangan Kontruksi Kapal Baja dan Penjualan Alat Kapal Dimedan, Kami didukung oleh tenaga kerja yang mempenuhi dan berpengalaman di bidangnya sehingga hasil pekerjaan kami memuaskan.

Kapal adalah kendaraan pengangkut penumpang di laut, pada semua daerah yang mempunyai perairan tertentu.

Sejak dahulu, orang sudah menggunakan kapal sebagai sarana transportasi laut. Hal ini sudah menjadi kebiasaan hubungan antara kelompok orang dengan kelompok orang lainnya. Semua ini diperlukan sebagai sarana transportasi laut. Alat untuk transportasi itu adalah kapal atau perahu. Dengan menggunakan kapal, orang akan dapat menuju ke suatu tempat untuk berkomunikasi dengan orang lain untuk tujuan tertentu.

 

MACAM – MACAM KAPAL Yaitu :

1.      Kapal kayu adalah kapal yang seluruh konstruksi badan kapal dibuat dari kayu

2.      Kapal fiberglass adalah kapal yang seluruh kontruksi badan kapal dibuat dari fiberglass.

3.      Kapal ferro cement adalah kapal yang dibuat dari bahan semen yang diperkuat dengan baja sebagai tulang-tulangnya. Fungsi tulangan ini sangat menentukan karena tulangan ini yang akan menyanggah seluruh gaya-gaya yang bekerja pada kapal. Selain itu tulangan ini juga digunakan sebagai tempat perletakan campuran semen hingga menjadi satu kesatuan yang benar-benar homogen, artinya bersama-sama bisa menahan gaya yang datang dari segala arah.

 4)  Kapal baja adalah kapal yang seluruh konstruksi badan kapal dibuat dari baja. Pada umumnya kapal baja selalu menggunakan sistem konstruksi las, sedangkan pada kapal-kapal sebelum perang dunia II masih digunakan konstruksi keling. Kapal pertama yang menggunakan sistem konstruksi las adalah kapal Liberty, yang dipakai pada waktu perang dunia II. Pada waktu itu masih banyak kelemahan-kelemahan pada sistim pengelasan, sehingga sering dijumpai keretakan-keretakan pada konstruksi kapalnya. Dengan adanya kemajuan-kemajuan dalam teknik pengelasan dan teknologi pembuatan kapal, kelemahan-kelemahan itu tidak dijumpai lagi. Keuntungan sistem las adalah bahwa pembuatan kapal menjadi lebih cepat jika dibandingkan dengan konstruksi keling. Disamping pada konstruksi las berat kapal secara keseluruhan menjadi lebih ringan.

 

Konsep dasar perkapalan :

1.Gambar konstruksi kapal baja

2.Gambar bukaan konstruksi kapal baja

3.Teknologi pembangunan konstruksi kapal baja

4.Pengelasan, dan

5.Pembuatan dan perakitan komponen konstruksi kapal baja

 

  • Fabrikasi

Merupakan tahap awal dari manufaktur. Proses penanganan pada material baja mulai dari straightening (pelurusan), marking (penandaan), cutting (pemotongan), dan forming (pembentukan). Pada tahap ini peserta didik akan dibekali kompetensi untuk bisa membaca gambar/design guna melakukan marking. Pemotongan oxy-acetelin juga digunakan dalam proses cutting. Pembentukan material dilakukan menggunakan mesin bending (tekuk) atau rolling.

  • Assembly

Merupakan proses penggabungan komponen-komponen fabrikasi menjadi sejumlah blok (part assembly). Pada proses ini, material/plat baja yang sudah dipotong dan dibentuk mulai dirakit menjadi sebuah blok/rakitan. Peserta didik diberi kompetensi pengelasan untuk merakit material/plat baja tersebut.

Selain fitter, peserta didik juga mampu untuk menjadi seorang drafter. Drafter berasal dari Bahasa inggris yang berarti juru gambar. Peserta didik akan dibekali 2 keahlian yang saling berkaitan yaitu keahlian menggambar (drawing) dan pemahaman mengenai apa yang digambar/pemahaman sistem.

Beberapa aspek yang dikuasai antara lain gambar teknik, pandangan gambar dan program desain. Program desain yang diajarkan adalah program AutoCad. Desain kapal/komponen rakitan yang dibuat digambar menggunakan AutoCad dalam bentuk 2D maupun 3D. Simbol-simbol dan penandaan pada gambar juga diajarkan untuk dapat memahami/membaca sebuah gambar/desain.
 

Jika Anda memerlukan jasa pemasangan Anda bisa menghubungi kami.

 

Kirim Pertanyaan Anda ke PT. Bina Agung Lestari mengenai Kontruksi Kapal Baja

Isi Kode Security: